MPASI 6 Bulan, Perkenalan Pertama Bayi Pada Makanan

Usia bayi yang sudah menginjak enam bulan merupakan usia yang cukup untuknya diajarkan makanan lain selain ASI. Hal ini dikarenakan tubuhnya sudah berkembang sedemikian pesat dan membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak. Akan tetapi, pemberian MPASI 6 bulan tidak berarti ibu harus menghentikan atau mengurangi pemberian ASI. Seperti namanya, MPASI adalah makanan pendukung ASI, jadi sifatnya hanya mendukung dan bukan menggantikan. ASI tetap harus menjadi makanan utama bayi hingga ia benar-benar cukup mampu untuk makan makanan yang lebih berat.

Menu-menu MPASI Yang Mudah Namun Kaya Nutrisi

Mempersiapkan MPASI tidak seperti mempersiapkan makanan untuk orang dewasa. Ibu harus memahami bahwa menu ini adalah makanan pertama lainnya yang akan dikonsumsi bayi. Kondisi perutnya belum cukup mampu untuk menerima makanan berat atau yang bertekstur kasar. Oleh sebab itu, MPASI biasanya dibuat dalam bentuk bubur.

Berikut ini adalah menu-menu MPASI yang bisa Anda coba di rumah. Diantaranya adalah :

  1. Pure Pisang atau Pepaya

Buah pisang dan pepaya merupakan buah yang kaya vitamin dan serat. Buah pisang memang sudah diberikan pada bayi sejak jaman dahulu. Anda bisa menghaluskan buah pisang dan pepaya terlebih dahulu. Tidak perlu ditambahkan air karena kedua buah ini memiliki tekstur yang lembut dan mudah hancur jika dilumatkan.

  1. Pure Tomat

Untuk buah tomat, jangan dulu diberikan dalam kondisi mentah. Beberapa penelitian, tomat lebih baik jika dimakan dalam kondisi sudah dimasak seperti direbus atau dikukus. Anda bisa merebus tomat, kemudian kupas kulitnya. Hancurkan dengan air matang dari rebusan tomat tadi untuk diberikan pada bayi.

  1. Pure Alpukat

Alpukat juga buah yang lembut dan mudah dikonsumsi. Buah yang satu ini memiliki rasa gurih sehingga bayi umumnya menyukai rasanya. Anda bisa memblender buah alpukat dengan air matang hingga lembut.

  1. Pure Apel

Selain kaya vitamin C, Apel merupakan buah yang kaya antioksidan. Buah ini memiliki tekstur yang keras, jadi Anda harus memblendernya untuk mendapatkan bubur apel. Jika rasanya terlalu asam, Anda bisa mencampurnya dengan tambahan susu formula atau perasan jeruk manis.

  1. Pure Labu Apel

Labu atau pumpkin merupakan sumber vitamin A dosis tinggi, bahkan kadar vitamin A-nya lebih baik dari pada wortel. Untuk menjadikan MPASI, Anda harus mengukus labu terlebih dahulu dengan demikian teksturnya akan berubah lembut. Labu memiliki rasa yang cukup manis, namun jika Anda merasa bayi akan kurang cocok dengan rasanya, Anda juga bisa menambahkan susu formula.

  1. Pure Brokoli Buncis

Campuran kedua sayuran ini juga wajib Anda coba. Kandungan vitamin dan mineral keduanya akan menyuplai kebutuhan perkembangan tubuh anak Anda. Jangan dahulu menambahkan rasa seperti menggunakan garam. Jika ingin rasanya agak enak, Anda bisa memberikan campuran buah seperti jeruk atau apel.

Seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan bayi, makanan yang ia butuhkan juga semakin banyak. Untuk itulah, sejak usia 6 bulan Anda sudah harus memberikan MPASI. Pemberian MPASI 6 bulan adalah pelajaran pertamanya mengenal tekstur dan rasa makanan selain ASI. Oleh sebab itu, tidak dianjurkan memberikan tambahan rasa seperti garam, gula apalagi penyedap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *